Translate

Kutipan Bijak Ilmuwan Besar "Isaac Newton"


Isaac Newton, ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia ini, lahir di Woolsthrope, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1643, bertepatan tahun dengan wafatnya Galileo. meninggal 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun.

Beliau adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog.Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapaknya ilmu fisika klasik.


Karya bukunya PhilosophiƦ Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Buku ini meletakkan dasar-dasar mekanika klasik. 

Dalam karyanya ini, Newton mengajarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya. Karyanya ini akhirnya menyirnakan keraguan para ilmuwan akan heliosentrisme dan memajukan revolusi ilmiah.

Dalam bidang mekanika, Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Dalam bidang optika, ia berhasil membangun teleskop refleksi yang pertama[2] dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lainnya. Ia juga merumuskan hukum pendinginan dan mempelajari kecepatan suara.

Dalam bidang matematika pula, bersama dengan karya Gottfried Leibniz yang dilakukan secara terpisah, Newton mengembangkankalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia juga berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan "metode Newton" untuk melakukan pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi, dan berkontribusi terhadap kajian deret pangkat.


Isaac Newton adalah salah satu Ilmuwan Terjenius yang masuk dalam katagori salah satu Tokoh Ilmuwan paling berpengaruh diDunia sepanjang masa.

Inilah dia 10 Kutipan Bijak Newton:

1. What we know is a drop, what we don't know is an ocean. Apa yang kita tau hanyalah setetes air. Yang kita tidak tau adalah lautan.

2. Plato is my friend, Aristotle is my friend, but my greatest friend is truth. Plato itu eman saya, Aristoteles juga teman saya. Tapi teman terhebat saya adalah KEBENARAN.

3. No great discovery was ever made without a bold guess. Tidak ada penemuan hebat tercipta tanpa pertanyaan besar sebelumnya.

4. Nature is pleased with simplicity. And nature is no dummy. Alam menyenangkan hidup kita dengan kesederahanaan. Dan alam itu tidak bodoh.

5. If I have seen further than others, it is by standing upon the shoulders of giants. Saya melihat lebih jauh daripada orang lain. Karena saya berdiri di atas bahu raksasa.

6. It is the weight, not numbers of experiments that is to be regarded. Yang bernilai dari sebuah eksperimen percobaan itu adalah kualitasnya bukan jumlahnya.

7. You have to make the rules, not follow them. Seharusnya kamu yang membuat peraturan bukan hukum yang mengatur kamu.

8. To every action there is always opposed an equal reaction. Setiap aksi selalu muncul reaksi yang setara.
Sumber gambar: blog.co.uk
Contoh: "Tendang bola dengan kekuatan lemah ke dinding, pantulannya lemah. Tendang dengan kuat, pantulannya akan sangat kuat. Itu hukum alam sederhana. Begitu juga dengan hidupmu".
9. Sir Isaac Newton was asked how he discovered the law of gravity. He replied, "By thinking about it all the time. Issac Newton ditanya bagaimana dia menemukan HUKUM GRAVITASI. Jawabannya hanya, "Aku memikirkannya sepanjang waktu…"

10. We build too many walls and not enough bridges. Kita terlalu banyak membangun dinding, dan tak cukup banyak membangun jembatan.