Translate

Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan Tutup Usia


Mantan Astronot AS, Neil Armstrong, wafat di usia 82 tahun. Armstrong yang dikenal sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan itu meninggal akibat komplikasi operasi jantung awal bulan ini, demikian disampaikan keluarga Armstrong.

Armstrong yang akan berulang tahun ke-82 pada Minggu (12/8) menjalani operasi tersebut pada Selasa (7/8) untuk mengatasi sumbatan di arteri jantung. Ia sempat dikabarkan pulih. Namun, Sang Pencipta menentukan lain.

Karena itu, keluarga begitu terpukul atas kepergiannya. Mereka menyebutnya 'pahlawan Amerika yang selalu percaya bahwa dia hanya melakukan tugasnya'.

Armstrong merupakan komandan pesawat luar angkasa Apollo 11. Bersama rekan astronotnya, Edwin 'Buzz' Aldrin, Armstrong menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969. Selama tiga jam ia mengekplorasi satelit alami yang selalu mengitari bumi itu, mengumpulkan sampel, melakukan eksperimen, dan mengambil foto. Lebih dari 500 juta penonton TV di seluruh dunia menyaksikan momen bersejarah itu.

"Pemandangannya begitu menakjubkan, melampaui pengalaman visual mana pun yang pernah saya ekspose," kata Armstrong kala itu.

Momen keberhasilan Armstrong di bulan ini disebut sebagai 'satu langkah kecil untuk seorang manusia, satu lompatan raksasa untuk umat manusia'.

November tahun lalu, Armstrong menerima penghargaan berupa Congressional Gold Medal, yang merupakan tertinggi bagi warga sipil AS. Presiden Barack Obama bahkan menyebut Armstrong merupakan 'salah satu pahlawan terbesar AS, tidak hanya di masanya, tetapi sepanjang masa'.\
Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan Wafat [ www.Up2Det.com ]

Dalam pernyataan yang dikutip

Washington Post

, pihak keluarga mengatakan Armstrong sebelumnya menderita kompilkasi penyakit setelah menjalani operasi cardiovascular. Meski begitu, keluarga tidak memberitahukan di mana dan kapan Armstrong wafat.

Keluarga Armstong mengganggap mantan astronot ini sebagai suami, ayah, kakek, saudara, dan temanyang penuh cinta.

Armstrong yang dikenal lewat kata-kata "

That"s one small step for (a) man, one giant leap for mankind

" ini dikenal sebagai pahlawan Amerika bersahaja yang dengan rendah hati menyampaikan dirinya hanya melakukan tugas saat berhasil mendarat di Bulan.

Saat Armstrong menginjakkan kaki ke Bulan 20 Juli 1969, ia memenuhi harapan yang dicanangkan Presiden John F. Kennedy, delapan tahun sebelumnya, yakni menjadikan AS sebagai negara pertama yang mengirimkan orang ke Bulan.

Keluarga Armstrong mengatakan, "Walau kita menangisi kepergian orang yang sangat baik, kita juga merayakan hidupnya yang luar biasa dan berharap ia menjadi teladan bagi anak muda di seluruh dunia untuk bekerja keras membuat impian mereka menjadi kenyataan, bersedia untuk mengeksplorasi dan mendorong batas-batas mereka, dan tanpa pamrih melayani tujuan yang lebih besar dari diri mereka sendiri."

"Bagi mereka yang bertanya apa yang bisa mereka lakukan untuk menghormati Neil, kita memiliki permintaan sederhana: Hormatilah teladan pelayanannya, serta prestasi dan kerendahan hatinya. Dan saat Anda berada di luar pada malam yang cerah dan melihat bulan tersenyum pada Anda, ingatlah Neil Armstrong dan berikan kedipan mata padanya." ;)