Translate

Menentukan Tujuan Hidup



Dalam cerita Alice in the Wonderland, ada suatu percakapan antara Alice dengan Cheshire Cat.

Alice : Saya ingin bertanya jalan mana yang harus saya ambil
Cheshire Cat: Yah, itu tergantung ke arah mana kamu mau pergi
Alice: Oh, ke mana saja tidak jadi masalah
Cheshire Cat: Kalo begitu jalan mana saja juga tidak masalah

Apakah anda menangkap pesan dari percakapan di atas? Pesannya adalah kita harus memiliki tujuan atau target dalam hidup kita. Tujuan inilah yang akan memberikan kita arah ke mana kita harus melangkah. Tanpa tujuan, kita seperti mengendarai mobil yang tidak tahu ke arah mana kita harus pergi dan hanya berputar2 saja. Dengan adanya tujuan / target, akan menuntun dan membantu kita untuk tetap fokus pada apa yang HARUS kita lakukan untuk mencapai tujuan hidup kita, yang mungkin berbeda dengan apa yang ingin kita lakukan pada saat itu.

Maukah anda duduk diatas kereta api atau dalam pesawat terbang tanpa tahu kemana tujuannya !? Jawabannya tentu saja tidak. Kalau begitu mengapa orang menjalani hidup tanpa tujuan tertentu !!!!?

Tujuan sangat sangat penting adanya, karena juga memberi kita kemampuan melihat jauh ke depan dalam hidup. Ia akan membuat kita meyakini hal terpenting dalam hidup dan membuat kita mengejarnya dengan segala kemampuan dan kekuatan kita. Langkah awal untuk mengejar tujuan kita adalah mengetahui apa tujuan kita.

Konsepnya sangat sederhana, sebuah target sasaran tak akan mungkin kita kenai jika tak terlihat dan tak kita ketahui apa itu. Bila sudah mengetahui dan memahami pentingnya menentukan tujuan, mari kita lihat lebih dalam lagi.

Penetapan tujuan adalah rangkaian berbagai langkah. Jika anda bertanya kepada kebanyakan orang tentang apa yang menjadi tujuan utama dalam hidup mereka, maka mereka mungkin akan memberikan jawaban yang tidak jelas, saya ingin berhasil dan sukses, saya ingin hidup bahagia dan sejahtera, dll. Semuanya hanya masih berupa keinginan bukan tujuan !!

Dalam menentukan Tujuan, sebisa mungkin dibuat spesifik. Panduan dalam membuat tujuan adalah SMART:

S (Specific), bersifat jelas dan khusus misal : Saya akan ke ke Jakarta besok jam 07.00
M (Measurable), harus dapat diukur, jika tujuan kita tidak dapat diukur maka kita tidak akan dapat mencapainya.
A (Achievable), harus dapat dicapai.
R (Reasonable/Realistic), harus punya alasan yang jelas atau realistis.
T (Timeable/Time bound), punya batas waktu yang jelas.
Contoh:

Bukan SMART : ingin menurunkan berat badan
SMART goal     : menurunkan berat badan 20 kg dalam waktu 1 bulan ke depan (beri tanggal pastinya)

Sekarang mulailah menentukan tujuan-tujuan hidup anda, mulai dari yang sederhana  sampai yang luarbiasa. Anda mau seperti apa 2 tahun kemudian, 5 thn atau bahkan 15 thn kedepan. Anda bermimpi untuk jadi apapun pasti bisa yang jelas anda yakin anda bisa. “jika anda berfikir bisa, maka anda pasti bisa”.

Semoga artikel ini bermanfaat,
Dari berbagai sumber