Translate

Ingin Sukses, Hilangkan Sifat Takut Gagal


Siklus Takut Gagal



Salah satu alasan orang tidak mau berbuat sesuatu adalah karena takut gagal. Ketakutan itu bagai hantu yang selalu membayangi sehingga mereka tidak pernah mau mencoba. Mereka tidak pernah berani berbuat akhirnya tidak pernah punya pengalaman. Ketiadaan pengalaman akan membuat mereka tidak memiliki kemampuan. Alasan tidak punya kemampuan inilah yang membuat mereka takut untuk mengambil tindakan. Terus seperti itu berputar bagaikan siklus yang tak ada ujung pangkalnya.
Siklus takut gagal memang ada dan bisa dialami oleh siapa saja. Untuk lebih jelasnya siklus takut gagal bisa dilihat melalui skema di bawah ini:
Orang yang tidak dapat mengatasi rasa takut gagalnya akan terperangkap dalam siklus ini. Dari mana awalnya siklus ini bermula? Apa yang menjadi penyebab orang punya rasa takut gagal?
Rasa takut gagal ini berawal dari hal-hal negatif yang pernah dialami di masa lalu. Misalnya seorang anak yang pernah dipermalukan ketika tampil berbicara di depan kelas. Anak ini akan merasa dirinya gagal dan tidak bisa berbicara di depan umum. Ketika anak ini sudah dewasa dan diminta untuk berbicara di depan umum, ia akan teringat pengalaman masa kecilnya. Dia pun merasa takut dan tidak mau berbuat. Karena tidak pernah berani berbicara di depan umum, dia tidak punya pengalaman. Rasa takut untuk berbicara di depan orang banyak pun timbul karena merasa tidak punya pengalaman. Begitulah siklus ini dimulai.
Siklus ini harus diputus alurnya agar tidak menjadi kebiasaan. Perasaan takut gagal jika dibiarkan akan membuat kita semakin sulit untuk keluar dari lingkaran setan ini. Orang yang terperangkap dalam siklus ini akan selalu mencari-cari alasan untuk tidak berbuat sesuatu. Ada saja alasan yang dikemukakan kalau diminta untuk melakukan sesuatu yang dia takuti. Mungkin dia sudah menyiapkan stock seribu macam alasan.
Cara untuk keluar dari siklus ini cuma satu yaitu berani untuk mencoba. Jangan memikirkan hasilnya. Coba lakukan saja apapun yang tadinya anda takuti. Lebih baik anda mencoba dan hasilnya gagal daripada anda gagal mencoba. Kalau melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan dan gagal, itu sangat wajar. Bukan masalah gagal atau berhasil tapi yang lebih penting daripada itu adalah kita sudah mau menghilangkan rasa takut gagal.
Ikutilah prinsip dari iklan sepatu, JUST DO IT. Lakukan saja. Rasa takut itu akan menghilang dengan sendirinya ketika kita semakin sering melakukannya.