Translate

Bahasa tubuh pengaruhi kualitas presentasi


Bahasa tubuh adalah salah satu media untuk berinteraksi. Tanpa sadar, kita sering lho menggerakan anggota badan saat berbicara. Seberapa penting sih gestur itu? Sangat penting! Kadang orang salah mengartikan maksud orang lain hanya karena bahasa tubuh yang tidak tepat. Nah, kemajuan karir juga sangat bergantung pada bahasa tubuh. Kok bisa? Bahasa tubuh yang baik saat membawakan presentasi dapat menaikkan kualitas Anda di mata bos. Alhasil, Anda bisa dengan mudah naik jabatan atau dipromosikan. Yuk ikuti tips di berikut ini!
Bahasa tubuh terdiri dari gerak tubuh, gerakan atau ekspresi wajah. Untuk tampil percaya diri selama presentasi, gunakan bahasa tubuh yang positif. Melalui bahasa tubuh yang positif, kita bisa mengekspresikan diri dan mudah berinteraksi dengan pendengar. Jika sudah begitu, gunakan selalu bahasa tubuh yang aktif untuk menunjukkan energi dan antusiasme.
Melakukan kontak mata dengan audiens selama presentasi. Terdengar cukup sederhana? Sayangnya, itu tak sesederhana yang Anda bayangkan. Untuk bisa melakukan kontak mata, seseorang harus memiliki kepribadian dan keyakinan yang kuat.Pakaian menjadi salah satu penentu performa dalam presentasi. Anda akan menjadi pusat perhatian, jadi pastikan Anda memilih pakaian yang sesuai dan rapi. Idealnya, presentasi formal menuntut keseriusan yang tinggi sehingga kita harus memakai pakaian formal. Terakhir, pilih tatanan rambut yang rapi dan bersih.
Apa yang harus dihindari selama presentasi?
Jangan terlalu banyak menggerakkan tangan! Selain terlihat canggung, fokus audiens juga akan terganggu. Solusinya adalah gunakan gerakan tangan yang terarah dan tidak terlalu cepat. Untuk memoles bahasa tubuh Anda, selalu tunjukan ekspresi wajah yang positif.
Bahasa tubuh yang sempurna dalam presentasi memudahkan audiens untuk mengerti apa yang kita sampaikan. Namun, gerak tubuh yang tidak tepat malah menjerumuskan kita dalam pandangan negatif.