Translate

Cara Cerdas Mengajarkan Anak Kelola Keuangan


Sejak dini si anak seharusnya sudah diajarkan bagaimana mengelola uang dengan baik. Tujuannya adalah agar saat dewasa nanti mereka bisa menjadi anak yang pandai mengelola uang dan tidak hidup boros. Namun sayangnya, hanya beberapa orangtua saja yang mengajarkan anaknya mengelola uang dengan baik.

Beberapa orangtua lainnya, membiarkan si anak menggunakan uang sesuka hatinya atau memenuhi apa saja yang diinginkan si anak. Padahal, hal tersebut malah akan membuat si anak manja dan jadi berpikiran kalau segala sesuatu yang diinginkannya pasti akan dipenuhi oleh orangtuanya.

Jika Anda sering memperlakukan anak seperti itu, maka alangkah baiknya untuk mengubah sikap. Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengajarkan si anak mengelola uang dengan baik. Hal tersebut demi masa depan si anak dan juga Anda.

Dilansir Timesofindia.Indiatimes.com, inilah 4 cara mengajarkan anak mengelola uang dengan baik:

1. Menunjukkan caranya 
Anda harus bisa menunjukkan pada anak bagaimana cara mereka mengelola uangnya dengan baik. Anda harus bisa menunjukkan cara membagi pengeluaran, menjelaskan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, dan berapa jumlah uang yang harus disisihkan untuk ditabung. Bila perlu, Anda memantau si anak agar mereka terbiasa akan hal itu.

2. Mengajaknya berbelanja 
Anda juga perlu mengajak si anak berbelanja. Namun, jangan memenuhi semua apa yang diinginkannya saat berada di pusat perbelanjaan. Anda harus bisa mengajarkan si anak bagaimana mengelola keuangan dengan bijak. Ajarkan anak untuk menentukan barang apa saja yang dibutuhkan di rumah. Berikan mereka daftar belanjaan agar mereka tahu bagaimana cara berhemat.

3. Membelikan celengan 
Hal penting yang harus dilakukan agar bisa mengajarkan anak mengelola uang dengan baik adalah dengan membelikan si anak celengan. Cara ini bisa mengajarkan mereka hidup hemat dan tidak boros. Jika si anak menginginkan suatu barang, maka ajak mereka untuk menabung uangnya agar bisa membelinya sendiri. Cara ini jika dibiasakan sejak kecil akan membuat anak jadi terbiasa juga untuk menabung nantinya.

4. Mengajaknya ke bank 
Selain membelikan si anak celengan, sesekali Anda juga perlu mengajak anak ke bank. Dengan mengajaknya ke bank, Anda bukan hanya menunjukkan kebiasaan baik, tapi juga mengajarkan anak bagaimana membuat dan menyimpan tabungan di bank.

Itulah cara cerdas mengajarkan anak mengelola uang. Jika keempat cara tersebut terus Anda terapkan sejak si anak berusia 5 tahun, maka masa depan si anak tentunya akan bahagia karena sudah terbiasa dengan hidup hemat. Untuk itu, Anda harus mengajarkan anak mengelola uang dengan baik seperti cara di atas.