Translate

5 Website Yang Memperkaya Wawasan Anda



Internet saat ini telah menjadi bagian integral dari sebagian besar umat manusia saat ini. Internet dengan jaringannya yang nyaris tak terbatas dapat membawa kita menuju dunia lain dalam sekejap. Dengan berbagai kelebihan tersebut maka tak salah jika Internet dapat digunakan untuk meraih ilmu pengetahuan dan wawasan.

Berikut adalah lima website yang dapat Anda coba kunjungi untuk belajar. Website-website berikut menyediakan informasi yang dapat kita gunakan untuk menambah wawasan kita akan dunia.


1. Youtube Edu


Youtube merupakan situs yang mengumpulkan berbagai macam video dari penggunanya di seluruh belahan dunia. Namun selain video yang bernuansa bebas ternyata Youtube juga menyediakan video pendidikan. Semua video tersebut terangkum dalam Youtube Edu.

Youtube Edu memiliki ribuan video tutorial, seminar, dan video lain yang berhubungan dengan pendidikan. Banyak institusi ternama di dunia seperti MIT (Massachusetts institute of Technology), Universitas Stanford, Universitas Harvard sebagai penyedia video. Selain Universitas ternama di atas Youtube Edu juga menggandeng Khan Academy untuk menyediakan berbagai pendidikan dasar yang berguna bagi anak putus sekolah.

Namun seperti Youtube pada umumnya, Youtube Edu juga memberikan kesempatan pada Anda untuk mengirimkan video pendidikan yang Anda miliki. Anda dapat berpartisipasi dalam pengentasan kebodohan di dunia.


2. Wikipedia



Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang mengumpulkan berjuta informasi dari seluruh dunia. Wikipedia juga mendukung penggunaan berbagai bahasa di dunia untuk kemudahan seseorang memperoleh informasi.

Selain memperoleh informasi, Wikipedia juga memberi kesempatan pada Anda berbagi Informasi. Anda dapat menyumbangkan pengetahuan Anda untuk komunitas yang terus tumbuh.

Namun Anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakan Wikipedia. Penyebabnya adalah Wikipedia dapat dengan bebas disunting olah pengguna. Anda perlu mengklarifikasi yang Anda dapat dengan sumber lain untuk memperoleh kebenaran yang valid.

namun walau memiliki kelemahan tersebut, Wikipedia merupakan salah satu sumber informasi paling lengkap yang dapat Anda akses.


3. National Geographic



National Geographic merupakan jaringan media yang mengkhususkan diri pada ilmu pengetahuan. Website National Geograpic berisi berbagai penelitian, penjelajahan, dan perjalanan ke berbagai pelosok dunia.

National Geographic tidak membatasi bidang ilmu pengetahuan yang mereka liput. Kebudayaan, Sains, Peristiwa, Lingkungan dan cabang pengetahuan lain mendapat porsi yang seimbang. National Geographic menggunakan metode ilmiah dalam penelitian yang dilakukan. Hal ini untuk National Geographic lakukan agar tidak memberikan pengguna dengan informasi palsu.


4. Google Maps


Google Maps menyediakan peta seluruh dunia. Dengan menjelajahi Google Maps Anda juga dapat mengetahui informasi mengenai berbagai tempat di pelosok Bumi.

Fitur StreetView Google Maps juga menjadi fitur menarik. Fitur StreetView akan menyediakan anda gambaran sekeliling lokasi yang Anda pilih. Selain itu Google Maps juga menyediakan berbagai fitur menarik lain, misalnya pemantau kemacetan, informasi tempat wisata dan lain sebagainya.

Kunjungi Google Maps untuk mengetahui berbagai tempat di Bumi.


5. eHow


eHow merupakan situs yang berisi kumpulan tips dan trik. eHow menyediakan berbagai tips mulai dari hal yang sepele sampai hal yang cukup rumit.

Tips mencuci baju, menjahit kancing, sampai tips memperbaiki iPhone dan berwisata negara lain dapat Anda dapatkan di eHow.